Articles Comments

EDUKASI ISLAM » Karya Tulis » Tutorial Belajar Power Point Dengan Slide Master Berbasis Link

Tutorial Belajar Power Point Dengan Slide Master Berbasis Link

Power Point
1. Buka program power point di desktop.
2. Kursor arahkan ke view lalu klik.
3. Kursor arahkan ke slide master di bawah Insert/dipojok paling kiri atas dan klik, maka muncul:
colors
Themes: font
Effect
kemudian kursor arahkan ke Themes dan klik tanda maka muncul beberapa template dan pilih salah satu dengan cara klik (Jika cara ini dipergunakan maka slide yang berfungsi ada yang ke satu dan ada yang dua sebagai Slide Master). Misalnya : sekarang klik themes yang ke 12 (warna ungu) maka yang berfungsi adalah lembaran yang ke 2.

4. Kursor arahkan ke insert kemudian kursor arahkan ke Word Art dan pilih salah satu huruf lalu klik kemudian buat tulisan misalnya “Judul atau apa…”.

5. Kursor arahkan ke insert kemudian kursor arahkan ke shape untuk membuat tombol, home, next dan lain-lain.
6. Kursor arahkan ke view lalu klik kemudian kursor pindahkan ke normal yang ada di sebelah paling kiri kemudian kursor tempelkan (letakkan) di slide no.1 dan klik kanan maka muncul duplicate slide lalu klik untuk menambah slide.
7. Kursor masih tetap di normal sekarang silahkan isi tulisan, gambar, video, dan lain-lain pada slide 1, 2, 3, dan seterusnya sampai terakhir.
8. Jika sudah membuat beberapa tulisan dengan beberapa slide maka sekarang bagaimana cara membuat link dengan beberapa tombol yang sudah dibuat. Baca tutorial berikut ini !
Kursor arahkan ke view kemudian kursor pindahkan ke slide master dan klik, kemudian kursor arahkan ke tombol yang akan dibuat link dengan slide, yaitu klik tombol yang sudah dibuat maka muncul bintik-bintik lalu klik kanan, maka akan muncul hyperlink dan akan muncul dokumen atau slide yang akan kita linkkan dengan cara klik pada kotak “place in this document” maka muncullah slide 1, 2, 3, dst lalu klik slide 1, atau 2, atau 3, dst sesuai dengan tombol yang sudah kita buat, lalu klik OK. Kun Fayakun, jadilah maka jadi.
9. Jika sudah berhasil membuat link yang ada dalam satu slide, maka selanjutnya membuat link dengan file yang ada diluar slide. Misalnya membuat link dengan materi pembelajaran yang bukan di dalam power point, membuat link dengan gambar atau video, membuat link dengan daftar nilai yang sudah kita buat dalam Microsoft Office Excel dan lain-lain. Bagaimana caranya? Ikuti tutorial selanjutnya.

Written by

Filed under: Karya Tulis · Tags:

Leave a Reply

*