Situs Pendidikan Bernuansa Islam
Get Adobe Flash player

1.  Apa itu Tasamuh?

Tasamuh artinya toleransi. Maksudnya adalah sifat atau sikap menghargai pendirian, pendapat, pandangan, kepercayaan, dan kebiasaan yang bertentangan dengan pendirian atau pendapatnya.

2.  Tasamuh Dalam Pandangan Islam

      Islam adalah agama yang penuh toleransi terhadap agama- agama lain, buktinya jika penduduk dalam suatu negara mayoritas muslim, maka Islam tetap memberikan kebebasan kepada yang lain untuk memeluk agama yang berbeda. Ini artinya bahwa dalam Islam tidak ada pemaksaan terhadap yang lain untuk memeluk agama Islam. Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk saling menghargai keyakinan yang dimiliki oleh orang lain.

Bacalah firman Allah berikut :

Artinya :

Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas-jalan yang benar dari pada jalan yang salah. ((Q.S. Al-Baqarah : 256)).

Toleransi yang ditunjukkan oleh Islam adalah tidak melihat berasal dari bangsa mana, apa warna kulitnya, berasal dari suku mana dan bagaimana bahasanya, apakah ia bekas musuh atau bukan. Yang penting mau hidup damai, tidak saling menghina, dan tidak saling menyakiti.

Hal tersebut sebagaimana ditegaskan oleh Nabi Saw dalam sabdanya :

Artinya :

Manusia berasal dari Adam, sedangkan Adam berasal dari tanah. Tidak ada kelebihan bangsa Arab atas bangsa-bangsa lain yang bukan Arab. Dan tidak ada kelebihan kulit putih atas kulit hitam, dan tidak ada pula kelebihan kulit hitam atas kulit putih. Karena sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa diantara kamu.

Allah menciptakan manusia di bumi ini berbeda jenis kelamin (ada laki-laki dan perempuan), berbeda suku, bangsa, bahasa, golongan, adat istiadat dan budaya, tujuannya adalah agar saling mengenal  dengan cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan koridor saling menghormati  dan menghargai (toleransi).

Bacalah firman Allah berikut :

Artinya :

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa diantara kamu. (Q.S. Al-Hujurat : 13)

3.   Pentingnya Penerapan Tasamuh dalam Kehidupan Sehari- Hari

Di tengah- tengah suasana kehidupan agama yang majemuk di negara kita, kerukunan  merupakan suatu kondisi yang harus diciptakan bersama- sama. Kondisi tersebut dicerminkan dalam suasana damai, rukun, saling menghormati dan menghargai. Tekat kita untuk menegakkan kebebasan beragama haruslah disertai dengan tanggung jawab untuk menciptakan kerukunan dan menghindarkan ketegangan atau konflik antar umat beragama..

Landasan yang dipakai agar tercipta kerukunan antar umat beragama diantaranya adalah harus adanya toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dan adanya kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Toleransi dalam ajaran islam bukan hal yang baru, hal ini dapat kita lihat dalam sejarah, bagaimana toleransi Nabi Muhammad Saw kepada tamu-tamu beliau, yaitu ada pendeta Nasrani dari Najran (Yaman) ketika mau melakukan ibadah pada hari minggu dan tidak ada gereja di Madinah, Nabi Muhammad Saw mempersilahkan mereka untuk menggunakan sebagian ruang masjid sebagai tempat ibadah mereka.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah sudahkah kita menerapkan toleransi dalam kehidupan sehari-hari ? Untuk itu mari kita sama-sama menerapkan perilaku toleransi dalam kehidupan kita saat ini, yaitu :

a.   Tidak mencela pendapat orang lain yang berbeda pandangan.

b.   Bersikap ramah tamah terhadap pemeluk agama lain.

c.   Tidak saling mengecam atau mengancam terhadap pemeluk agama lain.

d.   Memberikan kebebasan bagi setiap orang untuk memeluk agama lain.

e.   Adanya pengakuan hak-hak orang lain untuk memilih keyakinannya sendiri tanpa paksaan, dan lain-lain.

Leave a Reply