Situs Pendidikan Bernuansa Islam
Get Adobe Flash player

KOMBINASI  PENERAPAN  MODEL  PEMBELAJARAN  MAKE A MATCH

DENGAN  MEDIA AUDIO VISUAL

SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN SISWA

DALAM MEMAHAMI AYAT DAN ARTI AL-QUR’AN SURAT AT-TIN

DI KELAS IX G SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SMP NEGERI 1 KOTA PONTIANAK

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Bab II pasal 3  mengamanatkan  bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa  yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pendidikan Agama Islam sebagai bagian dari pendidikan nasional maka harus dilaksanakan  penuh dengan  tanggung jawab, namun realitas di lapangan banyak ditemui kendala, di antaranya adalah siswa jika memahami  ayat dan arti  Al-Qur’an banyak menemui kesulitan (28 siswa dari 31 siswa), memakan waktu yang lama (3 X pertemuan) dan ada diantara  siswa yang sudah paham (4 siswa dari 31 siswa) tapi dalam pertemuan berikutnya lupa, di samping itu  para siswa kurang tertarik dengan metode  pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru yaitu dengan cara memberikan intruksi untuk menghapal dan ceramah

Untuk itu, seyogyanya guru PAI pada era seperti saat ini hendaknya  membuat inovasi dan kreasi dalam setiap proses pembelajaran dan hendaknya selalu melalukan  intropeksi diri. Bagaimana proses pembelajaran yang selama ini dilakukan?

Oleh sebab itu, kami sebagai guru PAI mencoba membuat kreasi model pembelajaran Make a Match yang kami kombinasikan dengan media audia visual sebagai upaya untuk mengoptimalkan kemampuan siswa dalam memahami  ayat dan arti Al-Qur’an Surat At-Tin dan menjadikan Pembelajran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, dan Islami (PAIKEMI ).

B. Identifikasi Masalah

Adapun masalah yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan realitas yang ada, bahwa siswa Kls IX G dalam memahami ayat dan arti Al-Qur’an Surat At-Tin merasa sulit.

2. Siswa Kls IX G  merasa jenuh dan bosan dalam menerima materi pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru.

 

C. Rumusan Masalah   

Dari uraian latar belakang tersebut, maka permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Apakah dengan kombinasi penerapan model pembelajran Make a Match dengan media audio visual  dapat mengoptimalkan kemampuan siswa Kls IX G dalam memahami ayat dan  arti Al-Qur’an Surat At-Tin?
  2. Apakah dengan kombinasi penerapan model  Make a Match  dengan media audio visual   dapat menjadikan Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan Islami ( PAIKEMI )?

D. Tujuan Penulisan

Adapun diantara  tujuan penulisan ini adalah:

  1. Ingin menemukan cara  yang  tepat  dalam  mempelajari  ayat dan arti Al-Qur’an  surat At-Tin.
  2. Ingin menciptakan  kondisi Pembelajran yang  Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan Islami ( PAIKEMI ), sehingga  siswa diharapkan  dapat termotivasi dalam memahami ayat dan arti  Al-Qur’an Surat At-Tin lebih mendalam.

 E. Manfaat Hasil Penulisan

Adapun manfaat yang diharapkan dari hasil penulisan ini adalah:

1. Bagi siswa:

a. Siswa diharapkan dapat  meningkatkan kemampuannya dalam memahami   ayat dan arti Al-Qur’an Surat At-Tin.

b.Siswa diharapkan dapat berperan aktif dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match  yang dikombinasikan  dengan media  audio visual

2. Bagi guru:

  1. Untuk memotivasi penulis (sebagai guru) dalam berinovasi dan berkreasi dalam pembuatan  model pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan.
  2.  Untuk dijadikan acuan  dalam setiap proses pembelajaran yang berkaitan dengan  pemahaman ayat dan arti Al-Qur’an Surat At-Tin khususnya dan pemahaman ayat dan arti Al-Qur’an pada umumnya.

BAB II

LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS

  1. Landasan Teori
    1. Kombinasi Model Pembelajaran Make a Match

Kombinasi artinya gabungan.

Sedangkan model pembelajaran diartikan sebagai  kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan.

Dalam pengertian yang lebih luas menurut Syahidin (2009:40) model pembelajaran adalah merupakan suatu strategi, rencana dan pola yang digunakan untuk mengatur materi pengajaran dan memberi petunjuk kepada pengajar dalam setting pembelajaran.  Atau diartikan sebagai  suatu  pola yang  digunakan untuk merancang tatap muka di kelas atau di luar kelas yang berfungsi  untuk menajamkan materi pengajaran.

Make a Match artinya mencari pasangan (Nanang Hanafiah,2009: 41)  dengan langkah-langakah sebagai berikut:

  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok, satu bagian kartu berupa soal dan bagian lainnya merupakan jawaban.
    1. Setiap peserta  didik mendapat satu buah kartu.
    2. Setiap peserta didik memikirkan jawaban atas soal dari kartu yang dipegang.
    3. Setiap peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartu soal jawaban.
    4. Setiap peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu di beri poin.
    5. Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar setiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa  kombinasi model pembelajaran Make a Match adalah penggabungan  suatu pola yang digunakan untuk merancang kegiatan tatap muka dalam proses pembelajaran.

  1. Media Audio Visual

Kata media (jamak:medium) adalah perantara atau pengantar pesan ke penerima pesan..

Dengan istilah lain media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang pikiran, perasaan, kemauan, sehingga mendorong terjadinya belajar pada siswa. Sedangkan yang dimaksud audio visual adalah segala sesuatu yang dapat dilihat dan didengar, seperti rekaman vidio, TV, VCD, dan lain-lain.

Jadi yang dimaksud media audio visual di sini adalah segala sesuatu  yang dapat dilihat dan didengar yang berfungsi sebagai penyampai  pesan kepada peserta didik agar mempermudah pembelajaran, yaitu berupa rekaman atau CD Al-Qur’an Surat At-Tin beserta arti yang ditayangkan melalui infokus dengan laptop.

  1. Mengoptimalkan Kemampuan Siswa dalam  Memahami.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indoneisa(1995:705) mengoptimalkan artinya menjadikan sesuatu yang terbaik Sedangkan kemampuan siswa dalam memahami berarti kesanggupan siswa untuk mengerti atau mengetahui benar-benar akan sesuatu(Ayat dan arti Al-Qur’an Surat At-Tin)

4.  Ayat dan Arti Al-Qur’an Surat At-Tin

Ayat dan arti Al-Qur’an surat At-Tin  adalah ayat dan arti  yang tercantum dalam surat  yang ke- 95 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 8 ayat, yaitu:

Attin

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Adsense



style="display:inline-block;width:120px;height:600px"
data-ad-client="ca-pub-1716880902379625"
data-ad-slot="5338876399">