Situs Pendidikan Bernuansa Islam
Get Adobe Flash player

MENGHINDARI PERILAKU TERCELA

( HASAD, GHIBAH DAN NAMIMAH)

HASAD.

Pengertian Hasad

Hasad berasal dari bahasa Arab yang berarti iri hati atau dengki. Sedangkan secara istilah, hasad adalah merasa tidak senang terhadap kenikmatan yang diperoleh oleh orang lain dan ia berusaha untuk menghilangkannya.

Contoh Perilaku Hasad

       Kerusuhan di berbagai daerah di Indonesia akibat ulah dari para provokator, mereka tidak ingin Indonesia tentram dan aman. Para provokator dalam benak pikirannya selalu berpikir bagaimana cara agar Indonesia dapat terpecah belah menjadi bangsa yang bersatu, rakyat diajak untuk melawan pemerintah yang sah.

Cara Menghindari Perilaku Hasad dalam Kehidupan Sehari- hari

       Diantara cara untuk menghindari perilaku hasad adalah :

  1. Menyadari terhadap kekurangan yang ada pada diri sendiri dan mengakui terhadap kelebihan yang ada pada orang lain.
  2. Senantiasa berdo’a kepada Allah agar dijauhkan dari sifat hasad.
  3. Mengucapkan syukur kepada Allah terhadap nikmat yang diperoleh oleh orang lain.

 

GHIBAH

Pengertian Ghibah

       Ghibah berasal dari bahasa Arab yang berarti mengumpat atau menggunjing. Sedangkan menurut istilah, ghibah adalah membicarakan keadaan seseorang dan tidak senang bila didengarnya atau sampai kepadanya dan hal- hal yang dibicarakan itu sesuai dengan faktanya. Tetapi apabila hal- hal yang dibicarakan itu bertentangan dengan kenyataan maka itu dinamakan fitnah.

Contoh Perilaku Ghibah

       Mengatakan si B itu kaya raya, tapi pelitnya minta ampun, sombong dan suka pamer kepada orang lain dan sebagainya.

Menghindari  Perilaku Ghibah

       Perbuatan ghibah dalam kehidupan sehari- hari harus dihindari dan dijauhi. Sebagaimana firman Allah:

 

Artinya :

Dan janganlah kamu menggunjing sebagian yang lain. (QS. Al Hujarat: 12)

 

NAMIMAH

Pengertian Namimah

Namimah secara bahasa berarti adu domba. Sedangkan secara istilah adalah menyebarkan isi pembicaraan kepada orang lain dan tidak sesuai dengan kenyataan (memfitnah) dengan maksud merusakkan atau menghancurkan hubungan yang sudah terjalin dengan baik.

 

Contoh Perilaku Namimah

       Misalnya seseorang yang mengadu domba, biasanya ia berjalan kesana kemari, dan disana sini ia menyebarkan fitnah dengan ucapan- ucapan yang mempesona yang membuat orang lain tanpa sadar mempercayai dan mengikuti apa yang dikatakannya. Oleh sebab itu berhati- hatilah dengan orang yang seperti itu!

 Cara Menghindari Perilaku Naminah dalam Kehidupan Sehari- hari

Sebagai orang yang beriman memang harus menghindari dari perilaku namimah, karena namimah adalah salah satu penyakit rohani yang bisa bersarang pada setiap manusia. Oleh sebab itu  agar terhindar dari perilaku namimah, maka perbanyaklah istighfar kepada Allah, berdo’a kepadanya agar dijauhkan dari sifat seperti ini. Dan jalinlah silahturrahmi dengan orang lain atas dasar keikhlasan dan jangan pernah punya rasa benci atau dendam dengan orang lain. Disamping itu, apabila ada seseorang membawa suatu informasi atau berita, jangan langsung dipercaya, tapi harus diselidiki terlebih dahulu tentang kebenarannya.

 

Leave a Reply

Adsense



style="display:inline-block;width:120px;height:600px"
data-ad-client="ca-pub-1716880902379625"
data-ad-slot="5338876399">