Articles Comments

EDUKASI ISLAM » Kumpulan Khutbah » Khutbah Tahun Baru 2013

Khutbah Tahun Baru 2013

 الخطبة الاول

الحمدلله الذي أرسل رسوله بالهدى ودين الحق وانعمنابنعمة الايمان والاسلام. اشهدان لااله الاالله لانعبده الااياه واشهدان محمداعبده ورسوله الذى لانبى بعده. اللهم صل وسلم على سيدنامحمدوعلى اله واصحابه ومن والاه امابعده. فياايهاالحاضرون رحمكم الله, اوصيكم ونفسى بتقوى الله فقدفازالمتقون.

 قال الله تعالى فى القران الكريم ياايهاالذين امنوااتقواالله حق تقاته ولاتموتن الاوانتم مسلمون.

 

Ma’asyirol Muslimin Rohimakumullh

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, shalawat dan salam kita sajungkan kepada baginda Rasulullah SAW, keluarga, sahabat dan ummatnya yang setia.

Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita meningkatkan kualitas diri kita sehingga mampu menggapai makna takwa yang sesungguhnya, takwa yang berdasar pada lubuk hati kita, takwa yang membuat kita sadar bahwa segala yang kita lakukan hanya akan berarti jika diorientasikan untuk mengabdi kepada Allah, dan takwa yang membuat kita tidak mempunyai tujuan lain dalam kehidupan ini kecuali mencari ridha-Nya.

 

Ma’asyirol Muslimin Rohimakumullh

Sekarang kita sudah berada di bulan Januari yaitu bulan dimana permulaan tahun baru Miladiyah di mulai, artinya kita sudah berada di tahun baru 2013 yang harus dihadapi dengan hati-hati seraya berpedoman dengan pengalaman-pengalaman pada tahun yang sudah kita lewati. Segala amal perbuatan tahun lalu yang tidak patut hendaknya dijauhi dan dihindari. Selanjutnya kita memulai babak baru yang harus bisa diwarnai dengan perilaku yang baik.

Itulah langkah kita di dalam setiap memasuki tahun baru. Mengadakan intropeksi diri pada diri kita sendiri serta mengevaluasi semua perbuatan tahun lampau untuk diperbaiki pada tahun berikutnya. Sehingga dengan demikian semakin tua umur kita semakin baik dan sempurna amal kita. Begitulah tujuan hidup dari tahun ke tahun, diberi umur panjang dengan disertai amal yang baik.

 

Ma’asyirol Muslimin Rohimakumullh

Ma’asyirol Muslimin Rohimakumullh

Lalu bagaimanakah tindakan kita memasuki tahun baru nanti? Sebagai orang muslim yang bukan hanya mementingkan kehidupan dunia saja, tapi juga kehidupan akhirat, maka tindakan kita di dalam memasuki tahun baru ialah:

1. Bercermin pada kehidupan yang baru saja kita lalui di tahun sebelumnya. Jika ternyata pada tahun sebelum ini kita banyak berbuat kesalahan maka tahun mendatang kita harus mengubah sikap untuk berbuat kebajikan-kebajikan sebanyak-banyaknya.

2. Bilamana dalam masalah keduniaan pada sebelumnya kita mengalami kemunduran, maka carilah sebab kemunduran itu. Lalu cari cara baru yang sekiranya dapat mendatangkan kemajuan. Janganlah kemunduran pada tahun kemarin membuat putus asa. Sebab putus asa di dalam mengharap rahmat Allah dan pertolongan Allah dilarang dalam Islam. Allah berfirman :

 

 

Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tidaklah berputus asa dari rahmat Allah kecuali kaum yang kafir. (Yusuf : 87)

3.Memperbanyak rasa syukur kepada Allah bilamana di dalam tahun yang baru dilalui itu memperoleh banyak kemajuan, baik dalam masalah duniawi maupun ukhrawi. Janganlah apa yang dicapainya selama ini lalu membuat lupa daratan, sehingga dalam tahun berikutnya lalu berlaku sombong, atau membangga-banggakan apa yang telah dicapainya selama ini. Ingat Qarun yang telah dilaknat Allah karena berlaku sombong berkat keberhasilannya didalam perniagaannya yang membawa dirinya semakin kaya. Padahal sebenarnya apa yang telah dicapainya itu semata adalah anugerah Allah.

 

Ma’asyirol Muslimin Rohimakumullh

Ma’asyirol Muslimin Rohimakumullh

Dari semua uraian diatas, maka tahulah kita bagaimana seharusnya tindakan setiap muslim didalam memasuki tahun baru. Datangnya tahun baru bagi kita akan mengisi lembaran-lembaran hidup baru yang telah dibentangkan oleh Allah dihadapan kita. Maka kita harus berhati-hati, jangan sampai lembaran-lembaran itu lalu kita nodai dengan amal perbuatan yang tidak sesuai dengan kehendak Allah. Oleh sebab itu mulai sekarang kita harus merubah sikap yang asalnya tidak baik menjadi baik dan yang asalnya sudah baik kita tingkatkan menjadi lebih baik. Di saat-saat permulaan tahun baru ini mari kita berbuat amal sholeh dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah serta lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Akhirnya marilah kita panjatkan do’a kepada Allah semoga amal perbuatan kita yang telah lalu berupa kebajikan diterima oleh-Nya sebagai amal shaleh yang dapat kita petik kelak di akhirat, dan semua kesalahan atau dosa yang telah kita perbuat selama itu diampuni oleh Allah.

Begitu pula semoga langkah kita selanjutnya di dalam permulaan  tahun baru ini mendapat petunjuk dari Allah SWT. Amin ya Rabbal Alamin.

بارك الله لى ولكم فى القران الكريم ونفعنى واياكم بمافيه من الايات والذكر الحكيم اقول قولى هذاوأستغفرالله العظيم لى ولكم ولسائرالمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه انه هوالسميع العليم

     الخطبة الثا نية

الحمد لله الذي اعا د الا عيا د و كرر .احـمـد ه سبحا نه ان خلق وصو ر. واشهد  ان لا اله الا الله وحد ه لا شريك له شها د ة يثـقـل بها الـميـزان في المـحـشـر.    و اشهد ان مـحـمـد ا عـبـد ه ورسو له . اللهم صل وسلم علي سـيــد نا محمد   وعلي ا له واصحا به اجـمـعــيــن . اما بعد: فيا عبا دالله اتقوا الله حق تقا ته ولاتمو تن الا وانتم مسلمون

واعـلـمـوا ان الله صل عـلي نـبـيـه فـقا ل تـعـا لي : ان الله وملا ئـكـته يـصلو ن عـلي الـنـبـي يا ا يـها الـذ ين ا مـنـوا صلـوا عـلـيه وسـلـمـو تسـليما. اللهم صل وسلم علي سـيـد نا مـحـد و علي اله واصـحا به اجـمـعـيـن  وعـن الـتا بـعـيـن ومـن تـبـعـهم با حـسا ن الي يـو م الـد يـن .

اللهم اغـفــر للـمـؤ مـنـيـن والمؤ منات والمـسـلـمـيـن والمـسـلـمات الاحـيا ء مـنـهم والامـوات انـك سـمـيـع قـر يب مـجـيـب الـد عـوات ويا قا ضي الـحا جات. ر بـنـا هـبلـنا مـن ازوا جـنا وذ ر يـتـنا قـرة اعـيـن واجـعـلـنا للـمـتـقـيـن اماما . ر بـنا اغـفـر لـنا ولوا ديـنا وارحـمـهـما كـما ربـيا نا صـغـيـرا. ربـنا ا تنا في الـد نـيا حـسـنه وفي الا خـر ة حـسـنه و قـنا عـذاب الـنـار . والحـد لله رب الـعا لـمـيـن.

عـبا د الله ان الله يـاء مـر با لعـد ل والا حـسا ن وايـتا ء ذي القـر بـي ويـنـهي عـن الـفـخـشـا ء والـمـنـكـر والـبـغي يـعـذ كـم لـعـلـكـم تـذ كـر ون. ولـذ كـر الله اكـبـر. والله يـعـلـم ما تـصـنـعـو ن .

Written by

Filed under: Kumpulan Khutbah · Tags: ,

Leave a Reply

*