Call us on 2514578498

Home » Islam Edukasi » Khutbah di Bulan Zulhijjah

Khutbah di Bulan Zulhijjah

  الحمد لله احمده سبحا نه و تعا لي على نعمه ا لتي لا تُعَدُّ ولا تُحْصَى له ملك السموا ت والارض و ما بينهما وما تحت الثراى واشكره على عطا ئه و فضيلته لاتبراى.   واشهد ان لا اله الا الله و حده لا شر يك له, تو حيدا متقنا اقـتـنيـه ليو م القا عة وانه لَنِعْمَ الْـمُـقْـتَـنَي   متظا هرا عليه الجنان  والسا ن سِرًّا وَعَلَـنِـيًّا .  واشهد ان سيد نا محمدا عبده ورسو له افضل من صل ونحر وحج  واعتمر وَوَقُـفَ بِعَرَفَةَ وَاْلـمحشر . اللهم صل وسلم على عبد ك ورسو لك محمد وعلى اله واصحابه الذين اذهب الله عنهُمُ الِرّ جْسَ وطَهّر .

اما بعد: فيا عبا دالله اتقوا الله تعا لى واعلموا ان يو مكم هذا يوم فضيل وعيد شريف جليل, رفع الله قدره واظهر, وسماه يوم الحج الاكبر, يجتمع فيه الحاج بمنى يستكملون منا سك الحج ويتقربون

 الى الله بالحج, يحيون سنة ابيهم ابراهيم بما يذبحونه فى هذا اليوم  العظيم من القرابين.

 فان الله تعا لى اَمْرَهُ بِذِبْحٍ ولِدِهِ وَفِـلْذَ ةٍ كَبِدِه . فا متثل امر ربه طا ئعا وخرج با بنه مسا رعا قال الله تعا لى فى القران العظيم. ا عوذ با الله من الشيطا ن الر جيم بسم الله الرحمن الرحيم:   

 .

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah

Mari kita renungkan sejenak peristiwa pengurbanan yang dilakukan oleh  Nabiyullah Ibrahim as. Untuk mengetahui sampai dimana tingkat keimanan Nabiyullah Ibrahim as, Allah memberikan ujian yang sangat berat kepada Nabiyullah Ibrahim yaitu Allah memberi wahyu kepada Nabi Ibrahim agar menyembelih anaknya yang bernama Ismail.  Ismail adalah satu-satunya putra kesayangan Nabi Ibrahim, ternyata Nabiyullah Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah harus mnyembelih anaknya  dengan tangannya sendiri, betapa sedih Nabiyullah Ibrahim mendapat perintah yang seperti ini, namun apa boleh buat, kecintaan kepada Allah tidak boleh dikalahkan dengan kecintaan kepada seorang anak, perintah Allah untuk menyembelih anaknya yang bernama Ismail harus dilaksanakan  karena ini adalah perintah Allah SWT. Sebelum terjadi penyembelihan, Nabiyullah Ibrahim dan Ismail ada tanya jawab antara keduanya: Wahai Ismail, aku mendapat perintah dari Allah untuk menyembelihmu, bagaimana pendapatmu ? Jawaban Ismail sangat mengejutkan dan tidak diduga sebelumnya, ternyata Ismail malah menyuruh ayahnya yang bernama  Ibrahim untuk melaksanakannya jika memang ini perintah Allah swt. Di sini Ismail bertawakal dengan sebenar-benar tawakal, yaitu pasrah dan menyerahkan semua yang bakal terjadi atas dirinya kepada Allah swt , begitu juga Nabiyullah Ibrahim menjadi mantap dan ikhlas dalam melaksanakan perintah Allah untuk  berqurban dengan cara menyembelih Ismail putra tercintanya. Baca Selanjutnya

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah

Namun, selanjutnya apa yang terjadi ? Berkat keikhlasan Ismail dan  Nabiyullah Ibrahim dalam melaksanakan perintah Allah, maka Allah swt mengutus Malaikat jibril untuk  menggantikan Ismail dengan seekor domba, lalu domba itulah yang disembelih. Peristiwa tersebut dijelaskan dalam firman Allah sebagai berikut:

 Artinya: Nabiyullah Ibrahim bertanya kepada Ismail “ Wahai anakku Ismail, aku memperoleh mimpi (wahyu), bahwa aku diperintahkan untuk menyembelihmu. Bagaimana menurut pendapatmu ?” Ismail menjawab : “ Wahai ayahandaku, lakukankah apa yang diperintahkan oleh Allah kepada ayahanda, Insya Allah ayahanda akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. ( Q.S. Ash-Shafat: 102 ).

 

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah

Ismail adalah sosok  seorang anak yang shaleh bukan anak yang salah, dimana tingkat keimanan, ketakwaan, keikhlasan dan kepatuhannya  benar-benar dapat dibanggakan sehingga jika dijadikan suri tauladan dimasa  sekarang ini, maka sangatlah tepat.  Mengapa ?

1) Karena Ismail adalah sosok seorang anak yang sangat tinggi tingkat ketaatan dan kepatuhannya  dalam melakukan perintah Allah SWT dan perintah orang tua, dia selalu mengatakan : سمعنا و اطعنا

2) Ismail adalah sosok seorang anak yang  jika diajak berbicara  oleh orang tua  selalu memperhatikan dan jika berbicara dengan orang tua  pembicaraannya juga  selalu lemah lembut.

3) Ismail adalah sosok seorang anak yang  selalu bersikap sopan dan santun kepada  orang tua  dalam segala tindakan dan perilakunya.

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah

Itulah diantara tanda-tanda anak yang shaleh. Saya yakin semua orang tua sampai kapanpun pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang  shaleh bukan anak yang  salah apalagi anak yang durhaka. Betapa senang dan bangganya menjadi orang tua jika  anak-anaknya menjadi anak yang shaleh, sebaliknya alangkah sedihnya sebagai orang tua  jika anak-anaknya menjadi anak yang tidak patuh apalagi  durhaka kepadanya.  Oleh sebab itu kita  sebagai orang tua hendaknya senantiasa memanjatkan do’a kepada Allah agar anak-anak kita menjadi anak yang shaleh yaitu anak yang taat dan patuh kepada orang tua serta menjadi  anak yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt.  Hal yang seperti ini sebagaimana firman Allah :

Artinya: Ya Allah, ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri dan keturunan yang dapat menyenangkan hati dan jadikanlah kami pemimpin orang-orang yang bertakwa. ( Q.S. Al-Furqan: 74 ).

 

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah

Patuh dan taat kepada kedua orang tua adalah merupakan kewajiban yang pertama dan utama yang harus dilakukan oleh setiap anak setelah berbakti kepada Allah swt, sebaliknya akan berdosa besar jika mendurhakai salah satu orang tua atau kedua-duanya.

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah

Kalau kita membaca media cetak, koran, majalah dan melihat tayangan-tayangan di  televisi sering kali kita melihat  terjadinya  kekerasan yang dilakukan oleh anak terhadap orang tuanya, padahal kadang-kadang masalahnya hanya sepele,  anak sudah berani membentak, memukul, dan menendang orang tuanya, bahkan ada yang sampai berani menghabisi nyawa orang tuanya sendiri. Itulah anak  durhaka yang hidupnya pasti akan mengalami sengsara baik ketika di dunia lebih-lebih kelak di akhirat

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah

Agar anak-anak kita menjadi anak yang shaleh dan shalihah, minimal ada tiga hal yang harus kita tanamkan. Apa tiga hal tersebut !

PertamaTanamkan Iman !

Tanggung jawab yang pertama dan utama terhadap anak adalah orang tua. Anak akan menjadi beriman atau tidak sebenarnya tergantung pada orang tuanya. Hal ini sebagaimana hadits Nabi saw:

كل مو لو د يو لد على الفطرة فا ن ا بوا ه يهو دا نه او ينصرا نه او يمجسا نه.

Artinya:

Setiap anak yang dilahirkan dalam keadaan suci, maka tergantung orang tuanya, apakah orang tua ingin  menjadikan anaknya sebagai orang Yahudi atau Nasranai atau Majusi

 

Kedua: Tanamkan Ilmu !

Iman dan ilmu ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, karena hanya orang-orang  yang beiman dan berilmulah yang akan mendapatkan apresiasi atau penghargaan yang sangat  tinggi dan istimewa di sisi Allah SWT.  Hal ini sebagaimana firman Allah:

 Artinya: Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S. Mujadilah:11)

Maasyiral Muslimin Rahimakumullah

         Ketiga: Tanamkan Akhlakul Karimah

Memang benar hanya  dengan akhlak mulia inilah yang membedakan antara manusia dengan makhluk ciptaan Allah yang lain. Kita lihat, betapapun tampan dan cantiknya seseorang, namun apabila tidak bermoral, tidak mempunyai sopan santun dengan yang lain, maka tak ada bedanya  dengan makhluk ciptaan Allah yang lain, atau bahkan lebih rendah dan hina dari pada binatang. Makanya ada seorang pujangga mengatakan “ Putar-putar kota singkawang, kepiting kakinya patah, pintar-pintar anak sekarang, udah bunting tidak ada bapaknya”.

Oleh sebab itu, pelajar yang mulia adalah pelajar yang berakhlak, guru yang mulia adalah guru yang berakhlak dan pejabat yang mulia adalah pejabat yang berakhlak. Untuk itu mari kita jadikan Akhlakul karimah sebagai  pondasi dalam   hidup dan kehidupan kita semua.

Keempat: Berikan Makanan yang  Halalan Tayyiba !

Mengapa anak harus diberi makanan yang  Halalan Tayyiba? Sebab, makanan yang dikonsumsi dapat diibaratkan seperti bensin (bahan bakar ). Jika bensi (bahan bakarnya) baik dan tidak tercampur oleh kotoran, maka untuk menghidupkan mesin akan mudah. Tapi, jika bensi (bahan bakar) tersebut tidak baik dan sudah tercampur dengan berbagai macam kotoran, maka untuk menghidupkan suatu mesin akan sulit, bahkan dapat mengganggu bagian-bagian yang lain.

Ma’asyiral Muslimin wal Muslimat Rahimakumullah.

Mungkin seperti itulah perumpamaan jika makanan yang dikonsumsi tersebut adalah sesuatu yang Halalan Thayyiba ( halal, bersih, suci, dan menyehatkan) maka jiwa seorang anak akan mudah di arahkan ke arah kebaikan. Dan sebaliknya, jika makanan yang dikonsumsi itu sesuatu yang bercampur dengan hal-hal yang haram dan  subhat, maka jiwa seorang anak akan sulit untuk diajak dan diarahkan  ke arah kebaikan.

Demikianlah khatbah yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan dengan adanya Shalat dan Khotbah  Idul Adha kali ini iman dan taqwa kita senantiasa bertambah dan mudah-mudahan dosa dan kesalahan kita benar-benar diampuni Allah sehingga kita akan mendapat keridhaan-Nya.  Untuk itu mari kita sama-sama menundukkan kepala, menengadakan kedua belah tangan, lalu bermunajat kepada Allah.

Ya Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, Engkau tidak pernah pilih kasih dan  tidak pernah pilih sayang, yang sayang-Mu tidak terbilang.

Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim. Di siang hari yang penuh bahagia ini kami telah mendirikan shalat Idul Adha  secara berjama’ah dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada-Mu.

Ya Allah Ya Tawwabur Rahim. Di siang hari yang berbahagia  ini, kami bernunajat kepada-Mu memohon kasih sayang dan ampunan  atas segala dosa dan kesalahan yang talah  kami lakukan, baik yang kami sengaja maupun yang tidak kami sengaja, baik yang kami ketahui maupun yang tidak kami ketahui.

Ya Allah Ya Ghaffar.Ampunilah dosa dan kesalahan kedua orang tua kami. Limpahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada mereka. Kasihanilah mereka sebagaimana mereka telah mengasihani aku diwaktu aku masih kecil.

Ya Allah Ya Rabbana. Mereka telah bersusah payah mendidik dan memelihara kami, tapi kami belum mampu membalas budi baik mereka, untuk itu Ya Allah jadikanlah kami ini menjadi anak-anak yang shaleh dan shalehah, janganlah Engkau jadikan kami ini anak yang durhaka yang akan  membawa malapetaka.

Ya Allah Ya Khaliq. Jadikanlah kami ini anak yang dapat dibanggakan oleh orang tua, dan anak yang dapat  menyenangkan  hati orang tua, serta anak  yang dapat membahagiakan orang tua, juga  menjadi anak yang selalu  mendoakan orang tua , serta menjadi anak yang selalu taat dan patuh kepada kedua orang tua.

Ya Allah Ya Rabbana. Jadikanlah keluarga kami menjadi keluarga yang sakinah yaitu keluarga bahagia lahir dan batin, bahagia di dunia dan bahagia di akhirat.

Ya Allah Ya Tuhan kami. Jadikanlah pemimpin kami pemimpin yang beriman dan bertakwa kepada-Mu, pemimpin yang  senantiasa melaksanakan perintah-perintah-Mu, dan p emimpin yang senantiasa menjahui larangan-larangan-Mu. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami ini menjadi pemimpin yang bisa memberikan suri tauladan kepada yang lain dan dapat menjadi contoh kepada yang lain.

Ya Allah Ya Ghafur. Jadikanlah negara kami ini menjadi negara yang adil berkeadilan dan makmur berkemakmuran serta negara yang mendapat ridha dan ampunan-Mu, yaitu: بلدة طيبة ورب غفور

Ya Allah Ya Samiul Bashir. Engkau Maha mendengar semua permohonani kami. Untuk itu Ya Allah kabulkan  segala permohonan kami, terimalah semua amal  ibadah kami yang selama ini kami lakukan, jadilakanlah semua amal ibadah kami ini menjadi bekal kelak diakhirat.

Amin Ya Rabbal A’lamin.

 

بارك الله لى ولكم فى القران العظيم. ونفعني وايا كم بما فيه من الايا ت والذ كر الحكيم. اقول قول هذا واستغفرو الله العظيم لي ولكم ولسا ئر المسلمين والمسلمات والمؤ منين والمؤ منا ت وا سـتـغـفـر و ه  انه هو الغقو رالر حيم.

الخطبة الثا نية

الحمد لله الذي اعا د الا عيا د و كرر .احـمـد ه سبحا نه ان خلق وصو ر. واشهد  ان لا اله الا الله وحد ه لا شريك له شها د ة يثـقـل بها الـميـزان في المـحـشـر.    و اشهد ان مـحـمـد ا عـبـد ه ورسو له . اللهم صل وسلم علي سـيــد نا محمد   وعلي ا له واصحا به اجـمـعــيــن . اما بـعـد : فـيا عـبا د الله اتـقـو الله حق تـقـاته واعـلـمـوا ان الله صل عـلي نـبـيـه فـقا ل تـعـا لي : ان الله وملا ئـكـته يـصلو ن عـلي الـنـبـي يا ا يـها الـذ ين ا مـنـوا صلـوا عـلـيه وسـلـمـو تسـليما. اللهم صل وسلم علي سـيـد نا مـحـد و علي اله واصـحا به اجـمـعـيـن  وعـن الـتا بـعـيـن ومـن تـبـعـهم با حـسا ن الي يـو م الـد يـن .

اللهم اغـفــر للـمـؤ مـنـيـن والمؤ منات والمـسـلـمـيـن والمـسـلـمات الاحـيا ء مـنـهم والامـوات انـك سـمـيـع قـر يب مـجـيـب الـد عـوات ويا قا ضي الـحا جات. ر بـنـا هـبلـنا مـن ازوا جـنا وذ ر يـتـنا قـرة اعـيـن واجـعـلـنا للـمـتـقـيـن اماما . ر بـنا اغـفـر لـنا ولوا ديـنا وارحـمـهـما كـما ربـيا نا صـغـيـرا. ربـنا ا تنا في الـد نـيا حـسـنه وفي الا خـر ة حـسـنه و قـنا عـذاب الـنـار . والحـد لله رب الـعا لـمـيـن.

عـبا د الله ان الله يـاء مـر با لعـد ل والا حـسا ن وايـتا ء ذي القـر بـي ويـنـهي عـن الـفـخـشـا ء والـمـنـكـر والـبـغي يـعـذ كـم لـعـلـكـم تـذ كـر ون. ولـذ كـر الله اكـبـر. والله يـعـلـم ما تـصـنـعـو ن .

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: