Articles Comments

EDUKASI ISLAM » Archive

Tasamuh Dalam Pandangan Islam

1.  Apa itu Tasamuh? Tasamuh artinya toleransi. Maksudnya adalah sifat atau sikap menghargai pendirian, pendapat, pandangan, kepercayaan, dan kebiasaan yang bertentangan dengan pendirian atau pendapatnya. 2.  Tasamuh Dalam Pandangan Islam       Islam adalah agama yang penuh toleransi terhadap agama- agama lain, buktinya jika penduduk dalam suatu negara mayoritas muslim, maka Islam tetap memberikan kebebasan kepada yang lain untuk memeluk agama yang berbeda. Ini artinya bahwa dalam Islam tidak ada pemaksaan terhadap yang lain untuk memeluk agama Islam. Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk saling menghargai keyakinan yang dimiliki oleh orang lain. Bacalah firman Allah berikut : … Read entire article »

Filed under: Tasamuh dalam Islam

Tanggung Jawab Orang Tua Kepada Anak

Khutbah Pertama Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه َللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمِّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ. أَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قا ل الله تعالي في القر ا ن العظيم بسم الله الر حمن الر حيم : يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.   Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah. Marilah kita sama-sama meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT dalam arti kita senantiasa meyakini kepada Allah swt dalam  menjalankan  semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Agar  kita dan keluarga kita  tidak terjerumus kepada … Read entire article »

Filed under: Kumpulan Khutbah

Meyakini Adanya Kitab-Kitab Allah

Meyakini atau beriman kepada kitab-kitab Allah merupakan salah satu bagian dari rukun Iman yang enam, yaitu merupakan rukun iman yang ketiga dari susunan keimanan yang ada dalam Islam. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Hadis Nabi SAW : Artinya : Iman itu ialah engkau percaya adanya Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan engkau percaya adanya takdir baik atau buruk dari Nya. (H.R. Muslim). Iman kepada kitab-kitab Allah, berarti tidak hanya beriman kepada adanya Al-qur’an saja. Tetapi juga beriman kepada segala kitab yang diturunkan dalam semua masa serta yang diturunkan kepada tiap-tiap umat. Menurut ajaran Al-qur’an bahwa tiap-tiap umat, dimanapun ia berada dimuka bumi ini, kepada umat itu diturunkan kitab (wahyu). Karena itu orang Islam harus percaya adanya kitab-kitab Allah selain daripada Al-qur’an. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengertian Iman kepada kitab-kitab Allah adalah mempercayai dan … Read entire article »

Filed under: Iman Kepada Kitab Allah

Memahami Asmaul Husna

Memahami Asmaul Husna

         Asmaul Husna adalah nama-nama Allah yang baik atau sifat yang indah bagi Allah SWT. Asmaul Husna semuanya berjumlah 99 nama yang tercantum (tercatat) di dalam surat-surat Al-Qur’an.           Mengenai nama-nama Allah yang banyaknya 99 nama itu telah disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi, bahwa Rasulullah SAW bersabda :  Artinya :           Sesungguhnya bagi Allah itu ada 99 nama, yatu seratus kurang satu, Barang siapa yang menghafalkannya, baginya akan masuk surga. Sesungguhnya dia itu ganjil (tidak genap), … Read entire article »

Filed under: Asmaul Husna, Karya Tulis